Rabu, 24 Desember 2008

Sayangi Jantung dengan Rajin Merawat Gigi

Anda mungkin sudah generasi muda kenal darah tinggi dan makanan berlemaksebagaisebab penyakit jantung.Tapi taukah gm kalau menjaga kesehatan rongga mulut samaartinya dengan menjaga kesehatan jantung?
Ternyata plak dan karang gigi yang menumpuk tidakhanya akan membuat gigiberlubang atau bau mulut tak sedap,lebih jauh lagi plakakan menumpuk artinya penumpukan bakteri yang bisa membuat menyebabkan penyakit berat,terutama penyakit jantung (kardiovaskuler). Meski masih menunggu penelitian lebih lanjut,namun para ahli melihat adanya hubungan antara kesehatan gigi dengan penyakit jantung.
Sisa makanan di dalammulut lama2,dapat berubah menjadi plak dan karang gigi(kalkulus). Padahal kalkulus ini dapat menjadi "sarang" bakteri patogen yang akan menganggu jaringan gusi.
Pasalnya bakteri sterptococcus yang berada di gigi dan mulut bisa terbawa masukke aliran darah yang melalui jantung. Sebenarnya tubuh kita memiliki sistempertahanan terhadap bakteri,yaknimelalui enzim2 yang terdapat dalam saliva (air ludah),namun saat kekebalan tubuh kita menurun,bakteri akan terus masuk ke dalam aliran darah.
Menurutnya menggosokgigi saja tidakcukup karena sikat gigi hanya membersihkan dipermukaan,sementara bakteri pada plak biasa terdapat di sela2 gigi . Selain menggosokgigipara ahli menyarankan agar membersihkan gigi secara teraturdan berkumur dengan obat kumur.

Perlu perawatan dari dokter gigi

jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar